Bekerja Sama dengan Diskominfo Sumbar Pramuka Gudep UNP Gelar Aksi Sosial Ramadan

Jumat, 27 Sep 2019 | 13:53:34 WIB


Bekerja Sama dengan Diskominfo Sumbar Pramuka Gudep UNP Gelar Aksi Sosial Ramadan

Gerakan Pramuka Gugus Depan Racana Dang Tuanku dan Bundo Kandung Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan Aksi Sosial Ramadan (ASR) di Korong Kampung Pondok, Nagari Pasie Laweh, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, Jumat (24/5/2019).

Melalui kerja sama dengan Diskominfo Provinsi Sumbar, ASR dikemas dalam bentuk sosialisasi yang mengusung tema pengaruh atau dampak penggunaan internet dan gadget bagi anak-anak serta remaja.

Ketua Dewan Racana Putri Gerakan Pramuka Gudep UNP Desta Eita Nora dalam menjelaskan definisi internet beserta dampak positif dan negatif penggunaannya termasuk penggunaan gadget. “Adik-adik pelajar di Korong Kampung Pondok harus mampu memilah, tidak semua konten internet bernilai positif,” ujarnya.

Sementara perwakilan dari Diskominfo Sumbar Rizki Nurdin dalam paparannya lebih menitikberatkan pada dampak penggunaan internet, media sosial, kejahatan siber serta masifnya produksi berita hoaks pada akhir- akhir ini.

“Ketika menerima suatu berita atau informasi, jangan langsung dibagikan dan diteruskan, cek dan ricek terlebih dahulu,” katanya.

Disamping itu ia juga mengutarakan bahwa suatu informasi tidak mungkin berdiri sendiri, terdapat banyak kepentingan baik positif maupun negatif. “Bisa jadi kejahatan siber ikut serta membonceng, untuk itu alangkah lebih baik terdapat upaya-upaya untuk memahami konteks informasi terlebih dahulu,” ungkap Rizki.

Kegiatan ASR ditutup dengan foto bersama peserta sosialisasi bersama dengan anggota Pramuka Gudep UNP serta dari rombongan Dinas Kominfo Provinsi Sumbar. (SV/IG/ MMC Diskominfo)


DIUNGGAH : Pramuka UNP Dibaca : 731 kali
EDITOR : Pramuka UNP

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *