Pramuka UNP Adalah Rumah Dalam Pembentukan Kualitas Diri
Menyongsong HUT Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang yang ke-38

Sabtu, 02 Mei 2020 | 10:02:33 WIB


Pramuka UNP Adalah Rumah Dalam Pembentukan Kualitas Diri

Gerakan Pramuka adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka menjadi salah satu bagian pendidikan informal yang menekankan pada proses pembinaan terhadap diri, mental dan spiritual. Pramuka memiliki metode sendiri dalam menciptakan pemuda yang tangguh dan kreatif dengan kegiatan kepramukaan. Dalam prosesnya seorang pandu dibekali dengan doktrin pramuka yang begitu mulia yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma.

Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan tertinggi dalam jenjang pendidikan di Indonesia. Gugus depan yang dibentuk di Perguruan Tinggi disebut Gugus Depan Berbasis Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Padang (UNP) memiliki unit kegiatan Pramuka sudah sejak tanggal 2 Mei 1982. Universitas Negeri Padang menghimpun potensi civitas akademika dan komunitas di sekililing menjadi anggota gerakan pramuka. menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi memberi kesempatan mahasiswa untuk melakukan kegitan positif konstruktif serta memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis.

Gugus  depan yang berpangkalan di Perguruan tinggi terdapat dua golongan Ambalan dan Racana yang terdri dari pramuka Penegak dan Pandega. Namun, masih banyak perti yang hanya terdapat pamuka Pandega saja. Pramuka Universitas Negeri Padang memiliki racana putra dan putri.  Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang (RDTBK) adalah nama racana putra dan putri Universitas Negeri Padang, yang diambil dari nama tokoh yang ada di Minangkabau.

RDTBK yang sudah berumur tepat 38 Tahun ini menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi kepemudaan yang baik dari sisi perannya terhadap diri, kampus dan masyarakat. Pada kenyataannya, banyak sekali mahasiswa beranggapan bahwa pramuka hanyalah untuk anak-anak sekolah. Namun, anggapan trsebut membuat Pramuka UNP berisikan mahasiswa yang memiliki karakter kuat sehingga membentuk solidaritas dalam kreatifitas. Anggota Pramuka RDTBK sangat memahami bahwa pramuka perguruan tinggi adalah tempat pengaplikasian diri dan tempat penempaan diri yang lebih menantang dalam mempersiapkan kedewasaan diri.

Pramuka UNP memiliki dasar atau ketentuan adat yang mengikat anggotanya. Ketentuan adat menjadi aturan bagi semua anggota Pramuka UNP yang wajib dipatuhi Ketentuan adat berasal dari adat istiadat minangkabau, walaupun tidak semua anggota Pramuka UNP berasal dari Minang. Pramuka UNP berasal dari Sumatera Barat yang memiliki suku dan budaya Minangkabau. Ada pepatah minang yang berbunyi “Dima Langik Dijunjuang Disitu Bumi Dipijak” hal inilah yang menjadi dasar ketentuan adat yang mengikat berasal dari ketentuan adat Minangkabau.

Anggota Pramuka UNP yang ditempa melalui pendidikan dan pelatihan yang memiliki aturan dasar membentuk Pramuka yang tegas dan disiplin. Hal ini dibuktikan oleh lulusan UNP yang merupakan Purna Racana yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Kesuksesan tidak dapat dihitung dalam betuk kuantitas, tapi kesuksesan diri dilihat dari kualitas diri. Karena, penempa-an diri terhadap mahasiswa adalah proses pembentukan kualitas diri.

Pramuka UNP lahirkan pemuda-pemudi berprestasi. Tepat sudah 38 tahun pramuka UNP bediri dan melahirkan pemuda yang berkarakter kuat dan berjiwa hebat. Banyak prestasi-prestasi yang sudah di raih selama 38 tahun ini. Tak hanya prestasi lingkungan kampus, prestasi daerah dan nasionalpun sudah banyak didapat. Tidak hanya prestasi, Pramuka UNP juga setiap tahunnya menggelar beberapa kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang dilahirkan tidak hanya untuk pendidikan dan pelatihan anggotanya, juga melahirkan kegiatan-kegiatan positif  yang melibatkan masyarakat.

Pramuka UNP telah berpartisipasi selama 38 tahun dalam mewujudkan tujuan gerakan pramuka dengan membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengamalkan Pancasila sesuai dengan janjinya pada Tri Satya dan Dasa Dharma. Pramuka UNP melahirkan pemuda yang memiliki mental kuat, tegas dan disiplin serta bertanggung jawab. Karena pramuka selalu menjadi kebanggaan Indonesia. “Aku Bangga Menjadi Pramuka” Dirgahayu Racana Dang Tuanku dan Bundo Kanduang yang ke 38. Terimakasih sudah menjadi rumah dalam pembentukan kualitas diri.


Putri Riolin

Anggota Racana Angkatan 33


DIUNGGAH : Pramuka UNP Dibaca : 806 kali
EDITOR : Pramuka UNP

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *